Life experiences of a new born Programmer++ and all his hobbies. - @rizqirizqi
Turn off the light for EARTH HOUR by clicking the switch below :D

ON/OFF

Kamis, 12 Juli 2012

Android Mimmi (X10 Mini Pro) dengan rasa Ice Cream Sandwich

Beberapa waktu lalu, gua pernah nyeritain tentang Perjalanan Si Mimmi Dari Donut Menjadi Gingerbread. Saat itu gua masih belajar dan memahami sedikit demi sedikit tentang seluk beluk robot pintar yang sering disebut Android. Dari mulai rooting, unlocking bootloader, flashing kernel, dan install custom ROM. Saat ini, gua udah mulai mengerti gimana caranya mengoprek isi si Android tersebut.

Terakhir kali gua nyeritain itu, si Mimmi yang gua punya udah berkali-kali gua otak-atik, sehingga ujung-ujungnya gua ngerasa ROM yang paling baik saat itu adalah ROM dan kernel stock (Android 2.1 / Eclair) dengan tema GO Launcher.

Setelah balik ke ROM stock tersebut, gua browsing dan liat ROM buatan sang master developer yang tenar dengan nama nobodyAtall atau sering disebut nAa. Nama ROMnya itu MiniCM9 ICS (Ice Cream Sandwich) yang versi 3.0.1. Tapi syaratnya ROM ini harus pake nAa kernel dan otomatis kalo mau ganti kernel harus unlock bootloader. Nah, karena waktu itu gua udah bosen dengan tampilan dan kemampuan si Mimmi yang begitu-gitu aja, akhirnya gua putuskan buat ngeunlock bootloader dan ngeflash nAa kernel, abis itu baru deh install ROMnya dengan ngikutin cara yang ada di forumnya step by step.

[Guide] Bootloader and Kernel

Awalnya lumayan bagus sih, cuma performancenya masih rada lambat, dan featurenya belum lengkap, cameranya ga berfungsi. Karena itu, gua putuskan untuk balik lagi ke ROM stock. Lumayanlah dapet pengalaman unlock bootloader dan flashing kernel. Nih, screenshot yang sempet gua dapet pas si Mimmi sejenak jadi Ice Cream Sandwich :

MiniCM9 3.0.1 About
Lalu, karena beneran total pengen ganti ROM dan mumpung si Mimmi udah unlocked bootloader, gua nyari lagi ROM yang bener-bener udah ga ada bugs dan full feature. Akhirnya gua nemuin ROM Android 2.3 (Gingerbread) dengan nama MiniCM7. Lalu, gua flash deh kernelnya, dan langsung install ROMnya. Yang mau nyicip, nih link nya :

[ROM] MiniCM7 Gingerbread 2.3.7 for the X10 Mini Pro

[KERNEL] nAa Custom Gingerbread kernel + CWM Recovery

Setelah sukses ngikutin caranya step by step, akhirnya si Mimmi berubah cukup drastis, dengan tampilan jauh lebih keren, performance yang cukup cepat, bisa nginstall beberapa aplikasi yang memerlukan sistem Android > 2.2, dan banyak lagi keuntungan lainnya. Hebatnya lagi, ROM ini gua rasa udah ga ada bugsnya, mungkin ada, tapi ga kerasa, hehe.
MiniCM7 Apps Drawer
MiniCM7 Caller
MiniCM7 Contacts
MiniCM7 Desktop
MiniCM7 Keyboard
MiniCM7 Lockscreen
MiniCM7 Notification
MiniCM7 Shortcut
Sekitar dua bulan setelah itu, temen gua, namanya Inez, minta upgrade androidnya, si Shakira (W8) biar tampilannya bagus dan performancenya cepet. Nah, awalnya gua niat upgrade si Shakira-nya jadi Gingerbread dengan ROM MiniCM7. Tapi ternyata Shakira punya dia manufacture date-nya ga cocok buat diunlock bootloader. Jadi gua coba cari lagi ROM yang bagus tanpa harus ganti kernel. Akhirnya ketemu ROM PrimeHD, dan lalu gua install deh, alhamdulillah berhasil.

Pas lagi nyari-nyari ROM itu, kebetulan gua liat di forum.xda-developer.com ternyata ROM MiniCM9 yang gua coba sebelumnya, udah ada updatenya yang versi 3.0.2. Lalu gua coba ngedownload ROM beserta kernelnya nAa-ICS-03. Hasilnya, ternyata udah lumayan banyak perubahan, performancenya udah lumayan cepet, dan gua belum ngerasain adanya bugs di MiniCM9 yang versi ini.
MiniCM9 About
MiniCM9 Apps Drawer
MiniCM9 Caller
MiniCM9 Contacts
MiniCM9 Desktop
MiniCM9 Gallery
MiniCM9 Keyboard
MiniCM9 Lockscreen
MiniCM9 Messages
MiniCM9 Notification
MiniCM9 Settings
Nah, beberapa hari yang lalu dari saat gua nulis ini, baru ada update lagi jadi MiniCM9 3.0.3 dan kernel nAa-ICS-04, jadi gua update deh jadi gini :
MiniCM9 3.0.3 About
MiniCM9 3.0.3 Desktop
Yang mau nyicip Ice Cream Sandwich buat Mimminya, silahkan, nih linknya :

[ROM] MiniCM9 ICS for the X10 mini pro

[KERNEL] nAa Custom ICS kernel + CWM Recovery

Nah, dengan bergantinya ROM gua jadi MiniCM ini, termasuk juga feature buat overclock, ini dia screenshotnya :
MiniCM9 3.0.3 Overclock setting
Saat ini, gua lagi browsing browsing tentang V6 Supercharger, yang katanya bisa lebih ningkatin daya tahan baterai dan performance android. Tunggu aja post berikutnya, berhasil atau gagal, liat nanti :)

Sekian, makasih, yoo !

5 komentar:

  1. gak bisa sob.. yg keluar logo trus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, itu stuck saat booting, coba re-flash kernelnya, trus reinstall zip ROM nya

      Hapus
  2. gan ane udd unlock bootloader S1_erom ver nya udd "r" gantiin # ..
    tpi pas ane costum kernel hp nya ga mau masuk ke menu terus diem di lamabang sony ...
    kenapa y gan mohon pencerahan ny gan ....

    BalasHapus
  3. gan ane udd unlock boot loader tpi pass ane costum kernel hp ane ga mau masuk ke menu berhenti di lambang sony kenapa y gan ...
    mohon pencerahan nya gan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lagilagi, coba reflash kernel stock, trus reflash kernel custom ROM nya, trus reinstall zip ROM nya, jangan lupa Full Wipe / Factory Reset pas di recovery mode

      Hapus

PLEASE COMMENT HERE

What do you think about this post ? :)