Life experiences of a new born Programmer++ and all his hobbies. - @rizqirizqi
Turn off the light for EARTH HOUR by clicking the switch below :D

ON/OFF

Sabtu, 14 Juli 2012

Pembuatan Film "Hugavalta"

Sebelumnya gua ucapin alhamdulillah dulu karena film ini selesai dengan hasil yang cukup baik walaupun ditengah pembuatan film ini sangat banyak tantangan dan rintangan. Aseeek.

Oke, film yang berjudul "Hugavalta" ini merupakan tugas akhir dari mata pelajaran bahasa inggris di @smantiboo. Hugavalta berasal dari kata huga dan valta, huga berasal dari bahasa Islan yang berarti mind atau pikiran, sedangkan valta berasal dari bahasa Suomi yang berarti power atau kekuatan, sehingga hugavalta memiliki arti Mind Power atau kekuatan pikiran.

Dalam pembuatan film ini, gua kebetulan berperan sebagai director, editor, storyliner, writer, cameraman, dan sekaligus aktornya. Memang asik sih ngerjainnya, tapi cukup cape dan ya bisa dibilang menguras otak, tenaga, waktu, dan uang. Tapi dengan kerjasama di tim yang gua bentuk, alhamdulillah bisa selesai.

Berikut ini ada trailer dan beberapa data lain tentang film ini beserta cerita proses pembuatannya. Knapa cuma trailernya ? Ya, karna kalo gua upload full filmnya itu sekitar 4GB, matilah gua nguploadnya, haha.


Cover DVD Hugavalta
*Click to zoom in*
Judul Film : Hugavalta
Genre : Action, Sci-fi, Drama
Duration : 30 Minutes
Director : Mgs M Rizqi F
Producer : Protogalia
Cast : Albajili Gading P, Belladina Mayyasha, Febby Grawinda, Henna Marini, Levana Astarina, Mgs M Rizqi F, Rai Indah, Yuni Endah S, Zammil Rizki

Nah, berikut ini nih cerita singkat beserta beberapa foto dokumentasi pada saat proses pembuatannya.

Awalnya, di sekitar pertengahan bulan Februari, tugas ini diberikan oleh guru bahasa inggris Bu Muna. Kelas gua, XI IPA 5, dibagi jadi 4 kelompok. Tugas ini dikasih deadline sampai akhir April, jadi dikasih waktunya sekitar 3 bulan.

Di bulan Februari itu gua dan temen-temen di kelompok gua mikirin tentang nama kelompok, ide cerita, peran masing-masing, jadwal shooting, apa yang harus dilakukan selama pembuatan film ini. Di akhir Februari, Protogalia mulai nulis skenario dan langsung mulai untuk shooting duluan dari kelompok-kelompok lain karena kami ngerasa pembuatan film Hugavalta ini akan berlangsung cukup lama.

Setelah ditentuin, akhirnya nama kelompok gua Protogalia. Ide ceritanya tentang kehidupan anak SMA yang beda dari biasanya dan ada unsur sains-fiksi-nya. Biar gampang juga shootingnya, soalnya lokasi latarnya banyak di sekolah, hehe. Gua dapet ide ini dari beberapa shortfilm yang gua tonton di youtube dan beberapa film yang pernah gua tonton di TV maupun di bioskop.

Pertama kali shooting itu pas sekolah masuk siang, paginya Protogalia shooting dulu di rumahnya Bella karena dia yang punya kamera dan rumahnya cocok buat jadi tempat shooting, pas udah hampir bel masuk, kami masih repot sama shooting, soalnya tanggung, pengen ngabisin semua scenenya Bella dan semua scene yang latarnya di rumah dia. Akhirnya, kami telat masuk sekolah, dan untungnya ga telat-telat banget, jadi dimaafin sama guru pas jam pelajaran saat itu, Bu Wayan, makasih bu, hehe.

Di bulan Maret, beberapa kelompok di kelas gua dan kelas lain, mulai mikirin tentang film masing-masing. Saat itu kelompok gua masih sibuk shooting dan editing beberapa scene. Karena kami butuh banyak waktu untuk shooting, kami rela ngorbanin beberapa jadwal les dan beberapa keperluan lain cuma untuk melakukan shooting.Selama proses pembuatan film ini di bulan Maret, cukup banyak masalahnya, diantaranya yaitu, gua dan beberapa anggota lain yang punya jadwal les, pada pengen les dulu karena beberapa hari atau minggu sebelumnya udah banyak ga ikut les. Selain itu juga udah pada bosen shooting. Termasuk gua juga udah mulai males untuk ngedit filmnya.

Di awal April itu ada UTS, jadi di akhir Maret Protogalia mulai vakum ngerjain tugas film ini, selain udah pada bosen juga pada pengen belajar dan fokus ke UTS. Selesai UTS, gua tadinya mau ngelanjutin filmnya, tapi udah terlanjur males dan bingung mau mulai lagi gimana, soalnya udah lupa apa aja yang harus dilakuin, scene mana yang duluan harus di shoot dan editing udah sampe mana.

Sampe pertengahan April, gua juga masih nunggu kelompok lain, apakah ada yang udah hampir nyelesain film kelompoknya. Nah, ternyata ada beberapa kelompok yang mulai ngelanjutin lagi. Sejak saat itu, gua mulai ngerasa kelompok lain ternyata lagi pada shooting dan Protogalia mulai ketinggalan.

Selain itu, karena udah mulai ditagih sama Bu Muna, gua mulai ngelanjutin shooting dan ngedit beberapa scene buat nyicil. Setiap pulang sekolah kami ngadain shooting, seengganya beberapa satu atau dua scene, dan pulangnya langsung gua edit.

Di satu hari, entah kapan, gua lupa, kelompok gua kebetulan ngumpul di sekolah barengan dengan beberapa anggota dari kelompoknya Fida. Gua liat Fida, sebagai director, masih bingung ngurusin ide cerita, dan akhirnya dia curhat dulu ke kelompok gua. Katanya mereka udah ada ide cerita, bahkan udah pernah shooting sekali. Tapi ternyata filmnya kurang tepat dan lokasi latarnya kebanyakan di rumah, jadi kalo pengen shooting itu harus keluar sekolah dulu. Jadi, intinya, Fida pengen ceritanya diganti biar lebih mudah dikerjainnya.

Akhirnya Protogalia memutuskan buat kerjasama dengan kelompoknya Fida untuk nyelesain film ini biar cepet selesai. Protogalia ngebantu bikin ide cerita dan ngebantu penataan kamera dan tempat pada saat shooting, kelompoknya Fida ngebantu nambahin pemeran di film Hugavalta, soalnya kan settingnya kebanyakan di sekolah, jadi butuh figuran murid-murid SMA.

Filmnya kelompok Fida itu bertema horor, jadi waktu itu beberapa anggota Protogalia ikut ngebantu kelompoknya Fida shooting di pepohonan yang mirip-mirip hutan di sekitar IPB dramaga, dengan durasi pulang pergi yang cukup lama, disana cuma dapet sedikit scene, tapi lumayanlah. Sebagai timbal baliknya, beberapa anggota kelompoknya Fida ngebantuin Protogalia pas shooting di dalem kelas, kan ga mungkin di dalem kelas anaknya kurang dari 10 orang, jadi gua minta bantuan ke mereka dan temen-temen XI IPA 5 yang lain, makasih kawan, pertahankan solidaritas kita !

Nah, di akhir April, ternyata film gua belum selesai, deadline pun terlewati, karena semua kelompok dari kelas gua dan kelas lain yang belum selesai, akhirnya deadline diperpanjang oleh Bu Muna. Karena di awal bulan Juni bakal ada UKK, jadi Protogalia niat untuk nyelesain tugas ini secepet-cepetnya biar bisa fokus ke UKK.

Di pertengahan Mei, Protogalia bener-bener shooting maksimal, karena udah mulai ada kelompok dari kelas lain yang udah ngumpulin. Dari hari Minggu, tanggal 20 Mei, shooting dan editing dan lain-lain mulai dipercepat, soalnya kebetulan banget pada minggu itu kalo ga salah ada libur tes PPDB di smanti. Tapi ternyata baru boleh masuk gerbang sekolah pas siangnya setelah tes PPDB selesai.

Hari Kamis tanggal 24, gua rasa Protogalia bisa ngumpulin film itu, ternyata ga bisa, walaupun gua udah ngedit filmnya sampe begadang, tetep aja yang namanya "RENDERING" itu ga bisa ditolak, yang paling bikin lama pada saat editing film itu mungkin renderingnya ya -__-

Pas hari Jumatnya ada pelajaran bahasa inggris, nah loh, ketemu deh sama Bu Muna, deg deg, deg deg. Paginya, ada pelajaran matematika dulu, kebetulan gurunya itu walikelas XI IPA 5, Bu Iyus, jadi kami dikasih waktu untuk nyelesain film, makasih bu. Karena gua pikir walaupun editing dan finishingnya selesai saat itu, burning film ke DVD-nya ga akan sempet dalam waktu kurang dari satu jam. Jadi, dari pagi, gua ada ide buat bikin trailernya dulu aja, jadi seengganya udah ada hasil yang ditunjukin di layar proyektor ke Bu Muna, biar dia ga marah marah banget gitu, hehe, soalnya kelompok lain di kelas gua juga belum pada beres. Ada satu kelompok, kelompoknya Maria, dia udah hampir beres, tinggal export filenya dan abis itu burn ke DVD, tapi ternyata ada masalah pas exportnya. Akhirnya, dalam waktu satu setengah jam itu, gua nyoba untuk ngebuat trailernya sebagus mungkin biar Bu Muna senengan dikitlah, ga emosi emosi banget jadinya.

Pas jam pelajaran kedua, inilah saatnya, Bu Muna masuk ke kelas, langsung nagih filmnya untuk ditayangin di layar proyektor, tapi semua diem. Gua masih pusing ngurusin trailer dan nungguin export trailernya. Ga lama kemudian, Bu Muna mulai emosi dan yaa, perkataanya walaupun halus tapi menusuk hati coy, ckck. Selagi dia ngomong, gua manfaatin waktu buat nungguin export.

Lalu, akhirnya selesai, Protogalia langsung maju ke mejanya Bu Muna, dan disitu kami dimarahin dulu, gapapalah, emang kami salah ngumpulinnya ga tepat waktu. Abis dimarahin, trailer Hugavalta ditayangin, saat ditayangin, gua ga ngeliatin ke layar, tapi gua ngeliatin Bu Muna, gua mau tau apa respon dia, hehe. Ternyata dia sempat senyum, tapi karena mungkin ngerasa gua liatin, mukanya langsung biasa lagi. Alhamdulillah deh. Setelah itu kami disuruh janji buat nayangin film full versionnya keesokan harinya minimal dua film udah selesai. Saat itu gua anggap sanggup karena emang udah hampir selesai. Karena masih ada scene yang bolong, hari jumat itu Protogalia melakukan shooting lagi, finishing dan nutupin semua kekurangan filmnya yang keliatan. Begitu juga kelompok lain, pada sibuk editing dan finishing.

Malemnya gua finishing film dan begadang lagi, sekitar jam 2, akhirnya filmnya selesai diexport. Dan itu belum gua burn ke DVD karena udah cape banget. Dan katanya, kelompoknya Fida juga bakal selesai malem itu, soalnya Wahyu dan Iqbal nginep untuk nyelesain editing filmnya.

Pagi-paginya, alhamdulillah 2 kelompok udah selesai di export, bahkan kelompoknya Fida udah di burn. Hari itu 2 film ditayangin di depan kelas, "Hugavalta" dan "Recorder". Karena belum di burn, Bu Muna ngasih waktu lagi, dan untungnya ga harus pulang sekolah, jadi gua janji buat ngumpulin DVD-nya hari senin, sekalian masih mau ngeberesin beberapa bagian di filmnya yang cacat dan membuat cover DVD-nya. Hari seninnya gua ngumpulin film itu pas pulang sekolah, soalnya pas pelajaran berlangsung, gua masih nungguin burning ke DVD. Sempet gua foto buat kenang-kenangnan, hahah.
Karena buru-buru, jadi ditulis tangan, hehe
Cover tampak belakang
Cover tampak depan
Cover full
Selesai deh cerita pembuatan filmnya, beruntung banget gua bisa dapet pengalaman berharga kayak gini, sekalian belajar juga kan. Makasih deh buat semuanya yang terlibat dalam pembuatan film ini, buat para readers juga deh. Hehehe.

Oke, cukup sekian. Makasih buat yang udah baca ! :D

All the text, logo, picture and everything in this post weren't created for commercial purposes, but it were created for the learning purposes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PLEASE COMMENT HERE

What do you think about this post ? :)