Life experiences of a new born Programmer++ and all his hobbies. - @rizqirizqi
Turn off the light for EARTH HOUR by clicking the switch below :D

ON/OFF

Selasa, 02 Agustus 2011

MOPD SMANTI 2011/2012

Sebelum gua cerita, kalian tau kan MOPD itu apa ? Buat yang ga tau, MOPD itu singkatan dari Masa Orientasi Peserta Didik. Nah, sekarang gua mau cerita tentang MOPD itu dimana gua menjadi salah satu panitianya. Kita mulai ceritanya.

Pada saat liburan kenaikan kelas. Gua dan temen-temen anggota OSIS MPK beserta beberapa guru melakukan rapat mengenai MOPD ini. Dari beberapa rapat tersebut, dihasilkan banyak ide. Tetapi ada beberapa yang ditolak kepala sekolah karena ga sesuai dengan peraturan dinas, sekitar 30% lah. So, panitia OSIS MPK menerima apa adanya.

Di hari sabtu, peserta MOPD dan panitia berkumpul di sekolah untuk melakukan upacara pembukaan MOPD.
Bapak Kepala Sekolah membuka MOPD
Setelah itu semuanya masuk ke gugus masing-masing. Pas rapat, gua dapet jadi PJ gugus 7 (bugis). Jadi gua masuk ke ruang gugus bugis. Sebelum masuk, semua panitia disuruh berkumpul oleh kepala sekolah, dan ternyata . . .

Hampir semua ide kami ditolak pada hari itu, lalu panitia mencari jalan lain agar MOPD ini tetap berjalan lancar dan seru. Para PJ masuk ke gugus masing-masing dan POSKO (Pos Komando) merundingkan ide lain agar bisa diterima oleh kepala sekolah.
POSKO (Pos Komando)
Pas baru masuk, gua dan PJ lain kenalan dengan anak-anak gugus bugis. Para PJ gugus bugis :
- Ilman
- Reza
- Mgs (Gua)
- Tirta
- Alisha
- Henna
- Windy
- Ayu
Koor PJ gugus BUGIS
Hari itu hanya briefing untuk hari senin, sekitar jam setengah 10, POSKO masuk ke setiap gugus dan memberikan tugas untuk hari senin, tugas tersebut merupakan hasil dari rundingan singkat tadi. Setelah semua mencatat tugasnya, kami akhirnya pulang.

DAY 1
Monday, 18 July 2011

Hari ini hari pertama, semua peserta MOPD harus datang sebelum jam setengah 7, kalo lewat, ya dianggap telat. Untuk panitia, datang sekitar jam 6 untuk persiapan.

Tugas untuk hari ini, setiap gugus membawa makanan 4 sehat, membuat ID, membuat buku catatan yang berisi biodata, essay tentang suku masing-masing gugus, denah smanti dan mars smanti. Untuk mars smanti, diadakan teka-teki di twitter, its like a game !
Tugas ID
Tugas buku beserta isinya
Hari ini setiap gugus membuat yel-yel dan sautan jika dipanggil. Ada juga beberapa penyampaian materi oleh beberapa guru dan ada promosi ekskul-ekskul di smanti.

Sautan gugus bugis : Bugiiis ! Buseeet gaul abis ! Yang lain, parah parah parah parah

Hahah, memang kocak banget pas anak-anak gugus lagi jawab panggilan.

Hari ini juga peserta mos diajarkan tarian untuk minta tanda tangan PJ dan POSKO.
Para PJ mengajarkan tarian tanda tangan
Di siang harinya, setelah solat zuhur, mereka berkumpul di lapangan untuk menyanyikan yel-yel masing-masing gugus. Mereka juga bersama-sama melakukan tarian tanda tangan.
Lihatlah betapa bahagianya mereka. Hahaha. Nah, setelah itu, mereka menyebar untuk meminta tanda tangan PJ dan POSKO. Target tanda tangan yang harus didapetin itu tanda tangan ketua OSIS, ketua MPK dan DH. Dan hari itu mereka harus ngedapetin 20 tanda tangan.
Para PJ lagi ngasih tanda tangan dan peserta MOPD menari di depannya
Hari itu ketua MPK melupakan sesuatu, dia lupa ngangkat jemuran ! oh salah, dia lupa ngumpet ! Haha, jadi setelah dihitung mundur untuk menyebar, ketua MPK langsung dikerumunin, udah kayak maling abis nyolong jemuran.

DAY 2
Tuesday, 19 July 2011

Di hari kedua ini, peserta MOPD masih tetap masuk jam setengah 7. Hari ini jadwalnya hampir sama dengan hari pertama. Ada materi dari guru dan ada promosi ekskul-ekskul. Bedanya hanya di tugas. Hari ini peserta MOPD membawa makanan dari hasil pemecahan teka-teki yang diberikan. Ada snack jangan dibawa (taro), air botol smanti (air botol labelnya diganti tulisan “smanti”), makanan 4 sehat +filosofinya dan poster dan teks pancasila menggunakan aksara sunda.
Poster dan Aksara Sunda
Poster
Keren-keren ya, hahah, kreatif nih. Hari ini ada pembagian undian untuk penampilan kelas hari kamis. Gugus BUGIS dapet BOYBAND !!! :D

Seperti hari sebelumnya, setelah solat zuhur, peserta MOPD berkumpul di lapangan untuk menyanyikan yel-yel dan setelah itu menyebar untuk minta tanda tangan. Target hari ini tanda tangannya harus 30. Karena hari sebelumnya ketua MPK dikerumunin, hari ini dia ga lupa NGUMPET !
Ketua MPK di lantai atas
By the way, konsumsi buat panitia OSIS MPK hari ini, enak banget !!! (curhat lu ? *lempar tipi)

DAY 3
Wednesday, 20 July 2011

Hari ketiga !!! Hari ini masih seperti kemarin, ada ekskul-ekskul yang promosi. Ini salah satunya :
Ekskul Pramuka
Tugas untuk hari ini ada teka-tekinya juga, roti aki (roti GS), air botol smanti (sama kayak hari pertama), Cerita Derita indomie pake tulisan tempo doeloe (cerita yang berakhiran "ini tjerita koe, apa tjerita moe ?", surat cinta pake 4 bahasa untuk PJ atau POSKO.

Dari hari pertama, pada saat pemeriksaan tugas oleh POSKO, suasana di setiap gugus menjadi tegang dan semua PJ keluar kecuali koor PJ setiap gugus. Di hari ketiga ini, suasana menjadi semakin menegangkan dan PJ tetap di dalam gugus pada saat POSKO masuk.
A Risvi : Satu ! Dua ! Tiga ! Lelet kalian semua ! Siput !
(Hahah, itulah kata-kata yang selalu diingat oleh mereka pada saat POSKO masuk)
Terlihat disana Koor PJ yang lagi galau
Mukanya tampang tegang semua
Dan hari ini, ada sedikit skenario dari POSKO, di antara mereka ada yang berdebat sehingga suasana semakin tegang dan ada salah satu PJ yang menangis sehingga peserta MOPD merasa bersalah karena tugasnya salah ataupun ga lengkap.
Ga tau itu akting apa bukan, hehe
Mengharukan ya
Lalu POSKO keluar dan PJ marah-marah, setelah itu baru memberikan nasehat untuk tidak menyepelekan tugas dan bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan. Lalu akhirnya PJ dan peserta MOPD saling bermaaf-maafan. POSKO pun begitu.
Mereka minta maaf kepada PJ nya yang lagi
Dia minta maaf apa takut ngeliat muka PJ nya ?
Oh iya, ada PJ yang keluar karena ngambek, tapi langsung dikejar dan peserta MOPD langsung minta maaf.
Pelukan kakak dan adik
Agak sedikit lucu memang, dia lagi sedih dan minta maaf, tapi masih sempet aja sadar kamera dan melakukan sedikit gaya. Coba liat tangannya, piiis –(v.v)-V
Setelah skenario berakhir, gugus BUGIS jalan-jalan keliling smanti. Setelah itu mereka ngobrolin dan latihan untuk penampilan kelas sampe jam 4. Gugus lain pun begitu.
Lagi ngomongin tentang penampilan gugus
Masih pada malu malu kayak kucing
Udah mulai latihan dan bikin gerakan
Gugus lain yang lagi latihan
Oh iya, hari itu juga ada voting award PJ dan POSKO.
Penghitungan hasil vote award
DAY 4
Thursday, 21 July 2011

Hari ini ga ada tugas untuk semua gugus ! Tapi hari ini setiap gugus akan tampil di lapangan. Hari ini juga ada demo ekskul dan ada beberapa tamu.
Peserta MOPD nonton ekskul-ekskul yang tampil
TOC (Three On Choir)
Softball-Baseball
Drum band
Trivelly Cheerleaders
Basket
Hari ini emang hari yang melelahkan, gua jagain sound seharian, tapi seru ! :D

DAY 5
Friday, 22 July 2011

Hari ini gua ga tau apa yang peserta MOPD lakukan soalnya gua masuk kelas buat belajar. Yang jelas hari ini jadwalnya mereka ada acara makan-makan keagamaan.

DAY 6
Saturday, 23 July 2011

The last day !!! Ini hari terakhir, hari ini peserta MOPD bersih-bersih sekitar sekolah. Setiap gugus dibagi-bagi spot bersih-bersihnya. Gugus BUGIS dapet spot terindah, parit depan sekolah. *tepuktangan

Setelah bersih-bersih, peserta MOPD beserta panitia dari OSIS, MPK dan guru melakukan upacara penutupan. Akhirnyaaaa.... Eh, its not the end, its just the beginning !!! Selamat ya buat peserta MOPD ! Sekarang kalian udah resmi menjadi anggota keluarga besar SMANTI :D

Selesai upacara, ada pembacaan award dan foto-foto. Dan gugus BUGIS dapet award GUGUS TERBAIK ! Yeaah !
MOPD smanti tahun ini dilaksanakan dengan sangat baik dan sukses. Ga ada kekerasan dan pemaksaan ataupun sejenisnya. Yang ada malah kebersamaan dan kekeluargaan. Yang jelas menyenangkan deh.

Saking kuatnya kekeluargaan antara PJ dan peserta MOPD. Setiap gugus pada bikin group gugusnya di facebook. Ada yang sampe minta foto bareng PJ dan POSKO. Ada gugus yang ngasih kue ke PJ-PJ nya. Ada gugus yang bikin lagu dan dinyanyiin bareng-bareng di depan PJ-PJ nya. Dan setelah hari itu, setiap gugus pergi jalan-jalan bareng PJ nya untuk perpisahan. Gugus BUGIS nonton bareng di XXI botani trus abis itu makan-makan.

Setau gua, di tahun gua MOPD ga ada yang sampe kayak gini, hahah

Sukses lah buat OSIS MPK 3 yang berhasil menyatukan peserta MOPD !

Buat kalian yang sekarang kelas X. Jangan lupa dengan apa yang diajarin di MOPD ya !
Tanggung jawab, 3S, solidaritas dan kekeluargaan.
Semoga post ini bisa digunakan untuk mengenang masa-masa MOPD kalian.

Good job for you all ! :D

Foto Gugus BUGIS + PJ + POSKO
*click to zoom in*

3 komentar:

PLEASE COMMENT HERE

What do you think about this post ? :)