Life experiences of a new born Programmer++ and all his hobbies. - @rizqirizqi
Turn off the light for EARTH HOUR by clicking the switch below :D

ON/OFF

Minggu, 19 Februari 2012

Perjalanan Si Mimmi Dari Donut Menjadi Gingerbread

Mimmi a.k.a X10 Mini Pro a.k.a Sony Ericsson U20i ini merupakan hp android yang gua pegang saat ini. Kenapa Mimmi ? Ya, memang banyak orang yang memanggil andoid yang satu ini dengan panggilan Mimmi. Mungkin karena bentuknya yang mini dan kapasitas internal memory-nya yang juga mini. Karena kapasitas internal memory-nya cuma 222 Mb, jadi ga bisa nginstall banyak aplikasi ke android ini, soalnya cuma Android 2.2 (Frozen Yogurt) ke atas yang bisa ngistall aplikasi ke SD Card (App2SD). Selain itu, Mimmi ini juga sampe saat ini cuma punya official update android sampe Android 2.1 (Eclair).

Banyak orang yang pengen nginstall banyak aplikasi ke X10 Mini Pro miliknya dan ngudek-ngudek sistem android dalemannya biar bisa update ke Android 2.3 (Gingerbread) atau bahkan ada yang pengen langsung ke Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Dan gua denger denger isu yang beredar sih bakal ada lagi Android 4.5 / 5.0 (Jelly Bean), tambah banyak deh tuh pemilik Mimmi yang pengen update, soalnya si Eclair ini semakin ketinggalan jaman.

Nah, berikut ini perjalanan si Mimmi yang gua punya, dari sejak gua beli, sampe gua oprek-oprek sistemnya, sehingga saat gua nulis ini, si Mimmi milik gua udah berubah jadi Android 2.3 (Gingerbread). Hueuehahehaheuhaehauhe
Awalnya, gua beli si Mimmi ini berkat saran dari Erwin, temen gua. Gua belinya sejak sekitar beberapa bulan yang lalu, sekitar 9 atau 10 bulan lah kira-kira. Pas gua beli, si Mimmi ini masih pake Android 1.6 (Donut). Di sekitar bulan ke 2 atau 3, gua mulai ngerasain aplikasi gua mulai penuh, gua sadar ketika ada tulisan Low Disk Space di notifications bar dan gua ga bisa nerima sms dari semua orang. Akhirnya gua nyoba mencari cara biar gua bisa nginstall aplikasi sebanyak-banyaknya, dan gua nyari cara biar bisa nginstall aplikasi di SD Card. Saat itu gua masih belum tau apa apa tentang Android, jadi yaa, masih pongo pongo gimanaa gitu, hahah.

Setelah sekian lama gua bingung, gua nyoba update ke Android 2.1 (Eclair). Dan akhirnya berhasil update, tapiii, ga ada perbedaan yang mendalam, masih gitu gitu aja -__-

Ini gambarnya : (Dari google)
Desktop, App Drawer, Setting, About
Lockscreen
Music
Karena gua udah bingung dan udah mikir kayaknya ga bisa dipaksain. Jadi gua cuma berharap si Mimmi ini dapet official update ke Android 2.3 (Gingerbread). Sekian lama berlalu, gua masih nungguin official update itu, tapi kayaknya ga akan muncul muncul, jadi gua mau nyoba maksain lagi.

Gua nanya-nanya ke temen-temen gua yang punya android dan searching-searching di Google. Akhirnya gua ketemu solusinya. Biar bisa naik ke Gingerbread, bisa ganti tampilan, bisa uninstall aplikasi bawaan, bisa screenshot, bisa wifi tether, bisa multitouch, dan bisa macem-macem deh pokoknya, intinya bisa mengeluarkan seluruh kemampuan, kekuatan, dan potensi si android tersebut deh, itu tuh harus melakukan ritual dulu, hahah, bukan ritual juga sih. Jadi inti dari semua ini tuh, androidnya harus di-ROOT !!!! Semakin hari, semakin minggu, semakin bulan, gua semakin tertarik dengan yang namanya ROOT ini, meskipun gua tau, root itu artinya AKAR. Sehingga ilustrasinya gini :
Beda woy BEDAAAAA !! Gini yang bener :
Oke, jadi gini, root itu artinya memodifikasi Android sehingga memberikan pengguna akses penuh ke handphone Android. Mirip perintah Run as administrator di Windows ataupun mengetikkan perintah sudo di terminal Linux. Nah, setelah android udah di-root, nanti anroidnya bakal dapet ini nih !
SUPERUSER !!!!!!!
Superuser ini mirip kayak Administrator di Windows. Tapi, setelah root ini, si pemilik anroid bakal kehilangan garansinya karena udah meng-oprek isi androidnya.

Setelah bertahun-tahun gua memikirkan cara yang tepat buat rooting si Mimmi ini, akhirnya gua menemukan caranya.

Pertama, gua download SuperOneClick yang ada di forum xda-developer. Abis itu langsung root. Sukses.

Setelah itu, gua cukup bahagia dengan berhasilnya rooting si Mimmi ini, maklum, waktu itu masih belum tau apa-apa, hehe.

Nah, setelah di-root, gua download berbagai aplikasi root-only di market, salah satunya Titanium Backup.

Titanium ini bisa nge backup aplikasi beserta datanya. Jadi kalo restore, ga cuma aplikasinya doang. Setelah puas dengan percobaan tersebut. Gua mikirin gimana caranya biar tampilannya berubah dan beda dengan X10 Mini Pro yang lain. Dari sebelum root, gua udah pake GO Launcher EX buat ngubah tampilan si Mimmi.

Selain pengen ngubah tampilan, gua juga pengen naikin RAM dan mindahin semua aplikasi ke SD-Card (App2SD). Pas gua cari di google, gua nemuin cara buat app2sd itu. Tapi keliatannya sedikit ribet, akhirnya gua memutuskan buat melakukannya nanti.

Gua juga mikirin gimana caranya buat upgrade ke Gingerbread. Setelah searching-searching di google. Gua nemuin aplikasi keren, namanya Flashtool. Flashtool ini bisa dipake buat root, flashing ROM, install apk di android, install xRecovery, install BusyBox, edit Build.Prop, optimize RAM pake JIT, dan lain-lain deh pokoknya.

Lalu, gua download deh tuh Flashtool. Gua nyoba buat install xRecovery dan BusyBox. Abis itu gua nyoba buat optimize RAM. Setelah gua klik. Nothing happened.

Lalu gua cabut deh si Mimmi dari USB ke Laptop. Pas gua nyalain. Jeng-jeng ! Sesuatu yang buruk terjadi. Bootingnya stuck di logo Sony Ericsson dan ga bisa di apa-apain kecuali dimatiin dengan cara dicabut batrenya.

Gua tungguin satu menit, setengah jam, dan satu jam. Gua udah cape nungguin, tapi ga terjadi apa apa, tetep stuck di logo itu. Gua bingung, apa yang harus gua lakukan -__-. Kebetulan itu hari minggu, dan besoknya sekolah. Jadi, gua memutuskan untuk membiarkan si Mimmi mati sampe gua pulang sekolah besoknya.

Hari senin, gua sekolah dengan membawa Mimmi yang tewas. Pulang sekolah, gua pake wifi Smanti buat nyari cara menghidupkan si Mimmi lagi. Setelah ketemu, ternyata caranya cukup gampang dan cuma pake aplikasi Flashtool yang udah gua download kemarinnya. Yaitu dengan flashing firmware stock dari Sony Ericsson-nya..

Gua download firmware stocknya, dan gua flash ke si Mimmi. Dan akhirnya sukses, si Mimmi bisa nyala lagi.

Tapi ada satu kendala, semua aplikasi di si Mimmi menghilang, untungnya gua udah backup semua aplikasinya, jadi tetep aman, gua restore beberapa aplikasi yang penting. Setelah itu gua pulang dengan senang hati. Di rumah, si Mimmi gua root ulang. Lalu, gua nyari-nyari cara buat upgrade ke Gingerbread. Gua mencari custom ROM yang stabil dan tepat untuk si Mimmi. Akhirnya gua menemukan custom ROM MiniCM7 by nobodyAtall. Tapi untuk flashing ROM ini harus Unlock bootloader dulu dan flash  nAa kernel. Dan kayaknya ribet. Sementara nyari nyari ROM yang pas, gua merombak tampilan si Mimmi pake GO Launcher EX jadi mirip Ice Cream Sandwich, gini screenshotnya :
Desktop
App Drawer
Lockscreen
Sekitar, satu minggu terlewati, setelah gua cari-cari lagi, gua nemuin MiniCM7Pro by Paul-xxx. ROM ini ga perlu unlock bootloader dan flash nAa kernel.

Lalu, gua download ROM MiniCM7Pro by Paul-xxx itu. Gua juga download xRecovery. Abis itu gua flash MiniCM7Pro itu ke si Mimmi pake xRecovery.

Saat eksperimen itu kebetulan malem minggu, jadi gua ga terlalu sibuk belajar. Nah, setelah flashing dan nge-wipe data.

Akhirnya, si Mimmi sudah berubah menjadi Gingerbread. Jeng jeng !
About
Desktop dan Status/Notification bar
Lockscreen
Keyboard
Messaging
Setting
Music
Begitulah tampilan MiniCM7Pro :D

update (19-Feb-2012) :
Di awal gua pake MiniCM7Pro ini normal normal aja, beberapa hari kemudian, baru kerasa perbedaannya.


1. Wifi ga bisa on
2. Bluetooth juga ga bisa on
3. Baterai cepet abis
4. Suka restart sendiri, jadi kayak android gila


Walaupun begitu, gua masih mempertahankan ROM ini, untungnya wifinya bisa dibenerin, dengan cara ngedelete salah satu file yg ada di systemnya. Nah, setelah beberapa hari si Mimmi bertahan. Gua kepikiran tentang app2sd. Lalu gua nyari cara dan menemukan caranya. Yaitu dengan cara mempartisi sd-card.


Lalu, gua nyoba buat mempartisi sd-card, tapi gua inget sesuatu, GUA LUPA NGE-BACKUP !!! Jadi, semua yang ada di sd-card gua ilang deh, termasuk semua backup apllikasi dari Titanium Backup. Dan entah kenapa, android market di si Mimmi juga ngilang.


Jadi, gua putuskan untuk kembali ke stock ROM. Si Mimmi gua flash ke Android 2.1-update1 pake Flashtool. Setelah itu gua download aplikasi-aplikasi yang penting. Jadi kayak hp baru dibeli deh pokoknya.


Tapi, beberapa hari kemudian, gua merombak tampilannya lagi pake GO Launcher EX pake theme CyanogenMod, dan sampe saat ini gua nulis, gua masih pake theme itu, hehe.

Selesai, thanks for reading :D

11 komentar:

  1. gan minta link download eclair 2.1-update1 nya donk, tp yg ada bhs indonesianya.
    tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo yg bahasa indonesia kurang tau, coba cari aja di gugel. Kalo yg bahasa inggris coba cari di http://forum.xda-developers.com/

      Intinya sih ya cari aja di gugel gan, gua kebanyakan blajarnya dari yg xda itu

      Hapus
  2. gan hp saya mati total cuma ada bacaan SE gmna cara ngeflash n biar nyala lagi :(

    mohon bantuannya gan :)

    BalasHapus
  3. gan hp ane mati cuma muncul logo SE dan ga bisa di apa-apain kecuali dimatiin dengan cara dicabut batrinya.cara ngeflashnya gmna biar bisa nyala llagi .:(

    mohon bantuannya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu si mimmi juga pernah bootstuck kayak gitu gan, trus solusinya ini nih (ikuti aja langkahnya, sorry pake bahasa inggris, kalo masih kurang ngerti, komen lagi aja gan, nanti dibuatin versi indonesianya di post baru) >>

      How to flash custom kernels:

      a. Download the (kernel name).ftf file provided by the kernel developer
      All the stock kernels here:
      http://upload.riicc.sg/viewfolder.php?hash=LVW5TS2ZSX
      b. Download and install Flashtool here (follow instructions on the website): http://androxyde.github.com/Flashtool/
      (Credits go to Androxyde and Bin4ry for this tool.)

      After installing it, open the flashtool folder and open the drivers folder inside that. Double click on the .exe file inside and install the ADB drivers for your phone and the flash mode drivers (needed for Flashtool to work).

      Then restart your computer.

      ______________________________________

      c. Put the (kernel name).ftf file in the /firmwares folder. (Don't flash any .sin files, flash only the .ftf file.)
      d. Open Flashtool.
      e. Click Flash.
      f. Select (kernel name).ftf.
      g. Turn off your phone.
      h. Connect your phone in flash mode (only when the popup window prompts for you to do so). (To boot into flash mode, press and hold back button while connecting your phone to the PC using an usb cable).
      i. Disconnect your phone (do so only when the popup window to prompts you to disconnect your phone).
      j. Reboot

      Hapus
  4. gan mau tanya, waktu upgrade ke ginger pake room minicm7 pro bisa wifi tethering ga??kalo bisa tolong kasih tau caranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, skrg udah ga pake MiniCM7Pro lagi, skrg udah MiniCM10. Tapi kalo ga salah waktu itu wifi tetheringnya ga bisa, soalnya dari wifinya juga ga bisa dinyalain.

      Hapus
  5. gan numpang tanya y
    waktu pake miniCM7Pro pd mimi, klo mms masuk bisa d simpan k album ga or simpan d memory eksternal.
    Tq info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau deh kalo tentang mms, ga pernah pake yg namanya mms soalnya, hehe

      Hapus
  6. buat ngaktifin wifi apanya yg dihapus gan? di system/bin nya root ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. delete aja file wpa_supplicant.conf di data/misc/wifi, reboot androidnya, beres deh, coba tes wifinya

      Hapus

PLEASE COMMENT HERE

What do you think about this post ? :)