Life experiences of a new born Programmer++ and all his hobbies. - @rizqirizqi
Turn off the light for EARTH HOUR by clicking the switch below :D

ON/OFF

Jumat, 08 Oktober 2010

World Space Week (WSW) / Pekan Antariksa Dunia (PAD) 2010

Saya mau nyeritain pengalaman saya dalam kegiatan workshop di Planetarium Jakarta. Saya maunya cerita dikit aja, kalo kepanjangan nanti kelamaan, tapi kalo keasikan cerita dan akhirnya jadi kepanjangan, mohon dimaafkan.

Jadi gini, pada tanggal 5-7 Oktober 2010 saya bersama teman saya Ichsan mewakilkan sekolah saya untuk datang ke Planetarium  Jakarta dalam kegiatan Workshop Astronomi dalam rangka Pekan Antariksa Dunia 2010. Beberapa hari sebelum kegiatan tersebut saya dan teman-teman se-ekskul Castro (Club Astronomi) merundingkan siapa yang akan dikirim lewat tiki <-- (kalo garing ketawa aja) untuk datang ke acar tesebut. Setelah berlama-lama, dari pulang sekolah terus ujan terus berenti lagi terus ujan lagi, baru diputuskan siapa yang akan pergi.

Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 5 Oktober, saya bersama Ichsan dan Ibu Reva sebagai pembimbing pergi menuju ke Planetarium dengan menggunakan kereta pada jam 8 pagi karena acara mulai jam setengah 9. Sampai di Planetarium ternyata acara belum dimulai, kami mencari tempat duduk dan duduk disana. Setelah beberapa menit duduk dan mendengarkan pembukaan acara, temen-temen anak SMAN 7 Bekasi ngajakin kenalan, trus yaudah deh kenalan sama Nadya, Sasa, Ka Adam, Ka Aldo dan tidak lupa gurunya, Bu Nining, hehe. Di hari pertama, kami mendapatkan materi tentang Aktivitas Matahari, Astronomi Amatir dan Astrofotografi. Untuk kegiatannya, kami masuk ke ruang simulasi langit untuk pengenalan rasi bintang. Kami pulang sehabis solat maghrib, dan naik kereta.

Hari kedua tanggal 6 Oktober 2010 saya dan Ichsan pergi ke Planetarium Jakarta tanpa Bu Reva, karena beliau harus mengajar di sekolah dan kelihatannya beliau sakit karena di hari pertama sudah merasakan pusing yang sangat mendalam (lebay ah). Sampai di Planetarium kami duduk didepan tempat yang kemarin. Di hari itu saya dan Ichsan sudah mulai banyak kenal temen-temen baru, ada yang dari SMAN 2 Depok, SMAN 72 Jakarta, SMAN 16 Jakarta, banyak deh pokoknya. Sori kalo ga disebutin satu-satu. Di hari kedua kami mendapatkan materi tentang Partikel Elementer Penyusun Jagad Raya, dan Educational Curricula. Untuk kegiatannya ada praktek perakitan teleskop sederhana, simulasi langit : tata surya dan jagad raya, dan peneropongan benda langit : jupiter, tapi karena cuaca tidak memungkinkan, jadi peneropongan dibatalkan. Lalu kami pulang jam 7 malam.

Hari ketiga tanggal 7 Oktober 2010 saya dan Ichsan menuju ke Planetarium lagi (gak bosen-bosen). Di hari ketiga semua orang sudah mulai akrab dan foto-foto bareng, haha. Di hari itu hanya ada satu materi yaitu Alat Detektor Astronomi : Spektrograf dan CCD. Kegiatannya lumayan banyak, ada praktek pembuatan miniatur astronomi, saya memilih membuat miniatur pesawat Columbia menggunakan kertas. Ada kegiatan peneropongan benda langit : matahari. Berikut ini cuplikan ketika teman-teman saya sedang mengamati matahari menggunakan teleskop.




Dibawah ini merupakan foto matahari yg saya ambil menggunakan teleskop yg warna biru pada cuplikan diatas.






Kalo dibawah ini diambil menggunakan teleskop yang warna putih.




Kegiatan selanjutnya adalah simulasi langit : bumi biru. Lalu pada jam 4 sore dilakukan penuntupan. Setelah itu kami semua beserta teman-teman bahkan panitia-panitianya, istirahat, ngobrol-ngobrol, foto-foto dan segala macem. Setelah solat maghrib kami melakukan satu kegiatan terakhir dalam acara ini yaitu peneropongan benda langit : jupiter, akhirnya kami bisa mengamati jupiter. Itu berkat do'a yg dipimpin oleh salah satu teman saya karena dia pengen banget liat jupiter dan ngajak teman-teman yg lain untuk berdoa agar langit cerah dan jupiter terlihat dengan jelas. Setelah kami bersalam-salaman dan pulang ke rumah masing-masing dengan perasaan yang bahagia bercampur sedih, bahagia karena telah melakukan kegiatan bersama-sama dan bertemu dengan teman-teman baru, sedih karena akan berpisah dengan teman-teman baru. Tapi saya yakin, kalo yg mau ikut HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta) bisa aja sering ketemu, tapi kalo yang gak ikut juga saya yakin ntar juga bakal ketemu lagi. Lalu saya dan Ichsan pulang numpang mobil temen saya yg namanya Nadya untuk ke stasiun dan naik kereta. Yaudah, segini aja cerita dari saya, maaf kalo ada kata-kata yang salah. Salam buat temen-temen, buat Ka Diaz, Nadya, Sasa, Ka Adam, Ka Aldo, Gerry, dan temen-temen semuanya deh, maaf ga disebutin satu-satu karena faktor waktu. :)

Huaah, akhirnya selesai juga, *blek, sang penulis pun terkapar ditempat tidur, dan langsung molor seketika. Hahaha.

4 komentar:

  1. Demi apa ada astrofotgrafi? Aaaa, iri .___. *kutuk praktek seni*

    BalasHapus
  2. masih ingat????
    kamu yang dari sekolah mana yaaa??????

    aq yang dari nak Budut..waaahhh PAD mmg menyenangkan..

    BalasHapus

PLEASE COMMENT HERE

What do you think about this post ? :)