Life experiences of a new born Programmer++ and all his hobbies. - @rizqirizqi
Turn off the light for EARTH HOUR by clicking the switch below :D

ON/OFF

Kamis, 10 November 2011

Star Party 2011 with Castro Lunar

Oke oke oke, gua tau, lagi lagi post kali ini telat banget banget banget -__-

Yap yap yap, mungkin beberapa orang dari kalian udah tau apa itu Star Party. Untuk yang ga tau, bisa baca disini biar tau apa aja yang kita lakukan pada saat Star Party.

Nah, sekarang gua mau cerita tentang Star Party yang diadakan oleh Castro Lunar di Smantiboo dan diikuti oleh sebagian dari Smantiers, para alumni Castro Lunar, dan HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta).

Jadi, Star Party yang saya maksud disini itu merupakan acara tahunan Smantiboo. Acara ini dikhususkan buat anak kelas X yang baru diterima. Siapa tau ada yang tertarik untuk ikut ekskul Castro. Selain itu juga untuk memperkenalkan astronomi kepada siswa-siswi baru yang ada di Smanti.

Langsung aja cerita deh...

Sekitar beberapa minggu sebelum MOPD, sebenernya gua dan temen-temen Castro yang lain udah nyiapin acara Star Party ini. Niatnya Star Party akan dilaksanain hari sabtu pada pekan MOPD. Tapi, karena ternyata  MOPD dilaksanain sampe hari Sabtu, yaa kasian juga kelas X nya. Jadi, Star Party diundur.

Tadinya Star Party mau dilaksanain sebelum ramadhan, ada juga yang ngasih saran pas ramadhan aja. Tapi, setelah berdiskusi panjang, akhirnya ditentukan tanggalnya. Yaitu tanggal 17-18 September 2011.

PERSIAPAN

Yang pertama gua lakukan itu mendesain pin, dan alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan.
Desain
Hasil
Untuk dresscode acara, kami berniat untuk menggunakan jaket yang baru dibuat juga. Di jaket itu terdapat nama masing-masing dan ada nama bintang atau rasi masing-masing disampingnya. Nama gua di jaket itu Rizqi Arcturus. Gua suka bintang Vega, tapi... yakali gua pake nama vega. -__- Jadi, nama Vega gua saranin ke temen-temen gua yang berjenis kelamin kebalikannya dari antonimnya opposite of female (cewek). Tuh kan tuh kan, mulai lebay -__-

Pertama gua saranin ke si Mia, tapi dia ragu-ragu dan akhirnya dia pilih nama lain. Terus gua saranin ke Dyara, eh sama, dia juga pilih yang lain. Lalu, ada temen gua yang nanya, namanya Intan, dia bingung mau pilih bintang apa, akhirnya gua saranin dia buat pake nama Vega. Dan dialah yang terpilih menjadi pemenang kuis saran-saranan \m/. Kuis macam apa itu ~(o.0)~


Oke, lanjut lagi, selain itu, gua dan panitia yang lain nyiapin isi acara. Pas pembagian seksi-seksi acara, biasanya gua pilih seksi logistik, tapi, kali ini gua bukan seksi logistik.

Jeng jeeeng !!!

dug dug, dug dug, dug dug *suara jantung film action

*Jleb (mati lampu)

*ting (nyala lagi)

Sutradara : "Oke, kita ulang !"

Jeng jeeeeeeng !

dug dug, dug dug, dug dug *suara jantung film action

*Jleb (mati lagi)

*ting (nyala lagi)

Sutradara : "Oh oke, ulang sekali lagi"

Jeng jeeeeeeng !!!

ID Card

*krik

Udah udah, lanjut lagi ceritanya. Yap, kali ini gua jadi seksi acara. Ini bener-bener kejadian langka. Pertama kalinya malah -__-

Setelah ngobrolin segala macem, waktu itu gua, wahyu, berlian, deby pergi ke planetarium buat ngasih proposal ke HAAJ. H-2 para panitia udah mulai bikin ID yang diatas udah gua tunjukin. H-1 kami baru bikin backdrop. Tapi karena udah kesorean, pembuatan backdrop dipending.

Hari H

Besoknya, tepatnya hari H, gua dan beberapa panitia lain dispen jam pelajaran kedua dari terakhir buat ngeberesin backdrop dan nyiapin ruangan dan segala kebutuhan acara.

Jam 4, acara dimulai. Beberapa peserta udah mulai registrasi, semakin sore peserta semakin banyak lagi dan lagi. Jam 5 pembukaan acara. Setelah pembukaan acara, ada penjelasan tentang Castro Lunar. Saat itu udah hampir maghrib, pas maghrib pada solat dulu. Abis pada solat, ada makan malam.

Setelah makan malam, para peserta solat isya dulu. Mestinya abis solat isya ada film dan presentasi dari HAAJ. Tapi karena ga tau kenapa, HAAJ dateng terlambat. Mungkin karena ujan yang waktu itu lumayan banyak dan deres.

Selagi menunggu kedatangan kakak-kakak dari HAAJ. Ada pemutaran film dan games. Alur gamesnya itu gua yang bikin. Jadi, setiap peserta membentuk kelompok yang udah dibagi-bagi oleh panitia. Setiap kelompok harus menyelesaikan setiap clue yang diberikan di start dan di pos-pos lain untuk menuju pos selanjutnya. Setiap kelompok harus berjalan kesana kemari, bisa disebut keliling Smanti lah.

Pos pertama ada tim dari Tripod (ekskul fotografi di Smanti). Pos kedua ada panitia kelas XI. Pos ketiga ada panitia dari kelas XII. Dan pos terakhir itu ada kakak teteh alumni Castro Lunar Smanti. Selesai games ini, pas banget dengan rundown yang udah dirombak. Jadi ga ada ngaret-ngaretan. Alhamdulillah deh.

Setelah tim HAAJ dateng, baru ada materi dari mereka. Saat itu udah malem banget, jadi udah pada ngantuk-ngantukan denger materinya -__-.

Selesai dengerin materi, baru ada pengamatan, untungnya ujannya udah reda, langit juga semakin lama semakin cerah. Ditambah dengan ritual beng-beng (menaruh beberapa bungkus beng-beng di bawah teleskop) yang katanya sih dari tahun ke tahun selalu melakukan hal itu biar langitnya cerah. Pernah waktu itu ga melakukan ritual beng-beng, dan ternyata, langitnya mendung tanpa ada bintang yang terlihat. Entah memang ritual gak masuk akal itu beneran membuat langit cerah ataukah emang kebetulan, hahaha.

Pengamatan dilakukan dari jam berapa ya, lupa -__- (padahal seksi acara). Sekitar jam 1 deh kayaknya, sampe jam berapa ya, sampe subuh deh. Selama pengamatan, seluruh panitia dan peserta bersama-sama mengamati langit dan mengisi form log book dari HAAJ. Ada yang niat ngisi, ada yang ngga, termasuk gua, hehe. Selain mengamati, ada juga yang tidur karena udah ngantuk. Sisanya, yang ga tidur, ada yang masih main-mainin teleskop buat melihat Jupiter beserta 4 satelit besarnya, melihat bulan beserta kawah-kawahnya, dan melihat bintang-bintang yang bertebaran di langit. Ada yang tiduran di lapangan sambil melihat ke langit ataupun tidur. Ada juga yang makan-makan snack dan berkumpul sambil cerita-cerita.

Setelah pengamatan, pada solat subuh dulu. Nah, abis itu semuanya berkumpul di lapangan untuk penutupan dan pembagian hadiah. Setelah itu foto-foto deeeeeh. Selesai.

Intinya, menurut gua sih bagian yang paling asik itu pas pengamatan dan games.

Ini beberapa foto pas acara :

Suasana setelah maghrib, sebelum makan
Penjelasan Stellarium
Nonton film, sebelum games

Menunggu giliran games kelompok
Pos 4, kakak teteh alumni
Pos 3, kelas XII
Pos 1, fotografi dari Tripod
Kedatangan kakak-kakak HAAJ

Materi dari HAAJ

Suasana pas materi
Terngantuk-ngantuk -__-
Ups ada yang tidur
Pengamatan dimulai
Log book dari HAAJ
Ritual Beng-beng, hahah





Yel-yel kelompok
Pembagian hadiah
Penutupan dari Bu Ida (Pembina Castro Lunar)

Foto bareng


Sekian cerita tentang Star Party ini, walaupun postnya telat tapi semoga ga ada yang cacat. Oke, thanks ya readers...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PLEASE COMMENT HERE

What do you think about this post ? :)