Life experiences of a new born Programmer++ and all his hobbies. - @rizqirizqi
Turn off the light for EARTH HOUR by clicking the switch below :D

ON/OFF

Rabu, 29 September 2010

Mission Impossible

Sebelum saya memulainya, saya mau memberi tahu bahwa ini adalah sebuah cerita pengalaman kehidupan, jadi saya akan membawakan cerita ini dengan bahasa tulisan yg tidak terlalu baku.

Jadi gini, pada tanggal 26 September 2010, saya mengikuti Mission Impossible di SMAN 3 Bogor yg diadakan oleh mas Dhani, pengajar ekskul DML (Digital Multimedia Labs) di Smanti. Mission Impossible ini adalah games dimana peserta harus memecahkan kode-kode yang ada. Kita mulai saja ceritanya.


Pertama, games ini dimulai jam 8 pagi, jadi saya datang ke Smanti pagi-pagi jam 7 saya berangkat. Jam 8 saya nyampe di Smanti, di jalan tuh saya udah kelabakan karena kirain udah pada mulai dan saya ditinggalin. Nyampe di Smanti ternyata belum pada mulai, dan dengan cara ngesot-ngesot waktunya terundur dan mulainya jadi jam 9 lah kira-kira, haha. Saat itu kakak kelas saya bernama Kak Tyo datang dan bilang gini ke semua kelompok :

Kak Tyo : Catet nama-nama temen sekelompoknya masing-masing.
Dyara : Kak, saya ga dapet kelompok, temen-temen saya pada gak dateng, cuma berdua nih. (disampingnya ada temennya)
Fahru(kalo gak salah) : Ya udah lu berdua dibagi dua aja. Satu masuk kelompok gua, satu lagi pulang aja masuk ke kelompoknya si Adri.
Saya : Emangnya badan dia berdua nyatu ? (saking pintarnya)

Kira-kira begitulah percakapannya. Akhirnya saya dan teman-teman kelompok saya mencatat nama-namanya dan Dyara masuk ke kelompok saya. Jadi inilah daftar kelompok saya :
-Fahru
-Saya
-Aziz
-Ichsan
-Dyara

Lalu Kak Tyo bilang :

Kak Tyo : Misi pertama, 7311 32402 (kalo gak salah, saya juga lupa)

Semua peserta kebingungan, dan semua orang sibuk nyari jawabannya. Lalu mas Dhani datang memanggil setiap kelompok satu per satu. Dan ternyata misi yg barusan itu bukan misi yg sebenarnya. Mas Dhani manggil setiap kelompok untuk masuk ke dalem pos satpam Smanti. Kelompok lain udah masuk duluan dan akkhirnya giliran kelompok saya yg masuk kedalam sana. Didalam sana ada kakak yg jaga nama nya Kak Gestra, sebuah laptop, sebuah kursi dan meja. Lalu dia mengucapkan selamat datang kepada kelompok saya dan meminta ketua kelompok saya (Fahru)untuk menunjukan Id Card DML. Lalu di layar laptop muncul sesuatu, dan ternyata untuk registrasi. Setelah registrasi Misi yg sebenarnya pun dimulai, di laptop tersebut langsung ada lagu Mission Impossible yg kayak gini :

Jeng jeng jeng jeng jeng jeng jeng jeng tenenoot, tenenoot, tenenoot, tonet.

Keren kan, haha.


Mission 1
BOROS
Benda apa yg bisa membuat kita Boros ?
Note: Temukan dia dan pecahkan kode bersamanya.

Kira-kira begitulah kata-kata yg muncul di laptop tersebut setelah registrasi. Lalu saya dan teman-teman kelompok saya disuruh keluar dari pos dan mencari jawaban dari kata-kata tersebut. Kelompok saya berdiskusi didekat kantin, karena sudah kebingungan terlalu lama (kira-kira hampir 1 jam), kelompok saya memutuskan untuk jajan, haha. Setelah itu kami melanjutkan diskusi kelompok. Karena setiap misi mempunyai tiga kesempatan jika jawaban salah, maka kami mencoba jawaban kami dari hasil diskusi yg super lama tadi. Jawaban kami ternyata salah, dua kesempatan tersisa. Oh iya saya lupa ngasi tau ada berapa kelompok yg ikut. Berikut kelompoknya :

- Kelompok saya
- Kelompok Adri dari Smanti juga
- Kelompok kakak kelas dari Smanti lagi
- Kelompok anak-anak cewe, kalo ini dari YPHB
- Kelompok anak-anak cewe, dari YPHB juga

Lalu dua kelompok dari YPHB berhasil memecahkan kodenya dan mereka keluar dari gerbang Smanti untuk menyelesaikan misi selanjutnya. Karena tiga kelompok dari Smanti masih pada kebingungan, maka mas Dhani memberi clue tambahan yaitu Candy Bar. Kelompok saya mikirnya Candy Bar itu coklat, setelah dikasi tau kalau Candy Bar itu hape saya langsung mengeluarkan isi perut ide cemerlang saya. Saya ngasi tau ke temen-temen kelompok saya bahwa saya telah menemukan jawabannya. Jawaban saya adalah :

226667776667777

Dan ternyata jawaban saya benar, itu lah sebuah ke-hoki-an. Mengapa saya bisa menebaknya, setelah mendengar kata hape saya langsung mencoba untuk memasukan kata B-O-R-O-S kedalam tombol-tombol hape, jadinya seperti itu deh. Lalu di layar laptop muncul sebuah clue baru untuk misi dua.


Mission 2

SELAMAT ANDA TELAH MEMECAHKAN KODE MISI 1

http//www.facebook.com/note.php?blablablablabla...

Setelah mencatat, memfoto, bahkan merekam tulisan diatas, kelompok saya langsung bergegas keluar pos satpam dan membuka halaman facebook tersebut menggunakan hp-nya Ichsan. Setelah dibuka, muncul note fb yg berisi clue untuk menyelesaikan misi dua. Kira-kira note tersebut tampak seperti dibawah ini.

Petunjuk untuk memecahkan kode misi 2 :

-Berjalanlah menuju kampung sunda, disana kalian akan bertemu dengan seorang tokoh sunda.

-Setelah itu kalian diperintahkan untuk melanjutkan perjalanan menuju tujuan akhir kalian. Diperjalanan kalian akan menemukan jembatan batu yang disampingnya terdapat gedung tempat bernaungnya pemimpin tertinggi dunia.

-Jika kalian sudah menemukan gedung itu menghadaplah ke arah matahari terbit, ikuti jalannya sampai menemukan gudang ilmu.

-Lalu masuklah kedalam, segera temukan kitab yang dapat membuat tertawa bahagia karena mereka adalah tujuan akhir kalian. Tetap berhati-hati ketika mencari kitab tersebut, banyak penjaga yg selalu bersiaga.

-Setelah itu kembalilah menuju pria bermata empat untuk menyampaikan isi kitab tersebut.

Pertama-tama kelompok saya berjalan menuju De Leuit yg ada didepan Smanti(ngga depan pas banget sih). Setelah masuk kami bertanya kepada satpam yg bertugas.

Kami : Pak, tadi ada anak-anak cewe lima-an ke sini ga ?
Satpan : Ada anak-anak cewe yg ke sini ga ? (bertanya kepada temannya yg jauh disana menggunakan walky-talky.
Temen satpam : Adanya yg lewat doang tadi kesana. (menunjuk)
Satpam : Tadi ada anak-anak cewe, tapi cuma lewat aja, mereka jalan ke sono noh. (menunjuk)
Kami : Yaudah, makasih ya.

Kami melanjutkan perjalanan menuju ke arah yg pak satpam tunjuk tadi. Setelah berjalan beberapa langkah, kami menemukan Toko Sunda Si Kabayan. Ternyata inilah jawabannya, karena salah satu tokoh sunda adalah Si Kabayan. Lalu kami memfoto toko tersebut karena mas Dhani bilang "ambil foto-foto perjalanan kalian sebagai bukti kalian sudah kesana".



Lalu kami berjalan melanjutkan perjalanan, karena tidak tahu apa itu "jembatan batu" maka kami berjalan ga tahu arah, beberapa menit kemudian salah satu teman sekelompok saya melihat tulisan Bridgestone disamping kirinya. Kami langsung meloncat senang, dan tidak lupa saya foto gedung tersebut.



Dan ternyata disebelah Bridgestone ada Puri Begawan. Langsung saya ambil fotonya.



Setelah itu kami menuju Gramedia karena tempat tersebut menjual buku-buku dan merupakan "gudang ilmu". Ketika udah deket saya baru inget kalo gedung ini harus difoto. Langsung saja saya ambil fotonya dari dekat karena jika mengambil posisi lagi takutnya keabisan waktu. Lalu kami masuk kedalam dan mencari "kitab" tersebut. Tidak lupa lagi saya mengambil foto buku-buku yg kami kira adalah jawabannya.






Di atas hanya ada satu foto untuk buku-buku perkiraan karena jika saya upload semua nanti kelamaan. Setelah puas dengan bukti-bukti buku, kami kembali ke "pria bermata empat" yaitu mas Dhani, karena dia memakai kacamata. Kami langsung berlari ke Smanti dan masuk kedalam pos satpam untuk memberikan kodenya dan melanjutkan misi selanjutnya. Di dalam pos satpam kami semua kebingungan mau memasukan kode apa dan yang mana karena terlalu banyak buku-buku yg kami kira adalah jawabannya. Karena kelamaan, Kak Gestra memberikan sedikit cluenya, dia membacakan petunjuk tadi dengan beberapan kata dibaca keras. Kata tersebut adalah "mereka". Lalu kami berpikir, buku yg bisa bikin ketawa yg didalamnya terdapat lebih dari satu orang itu adalah Benny&Mice. Setelah kami coba masukan kedalam laptop ternyata jawaban kami benar. Ke-hoki-an kembali merasuki badan kami. Lalu di layar laptop muncul misi berikutnya.


Mission 3

Selamat Anda telah masuk ke Misi 3

DENGARKAN SABDA BERIKUT INI DAN CARI MAKNA TERAKHIR DARI:

http://www.facebook.com/note/php?saveblablablablabla...

DISCLOSE ( POTONGAN KALIMAT TERAKHIR ADALAH KUNCINYA )

Diatas adalah kalimat-kalimat yg muncul di layar laptop. Setelah itu kami keluar dari pos satpam dan membuka halaman facebook tersebut, dan ternyata pulsa-pulsa semua orang dari kelompok kami udah pada abis semua, waktu berjalan, sisa waktu 10 menit. Kami langsung berlari menuju warnet disamping Smanti untuk membuka halaman tersebut. Setelah dibuka, kami tidak menemukan tanda-tanda keberadaan se-upil jawaban pun. Disana hanya ada halaman facebook Elliza Thornberry's. Lalu kami searching-searching di google, dan menemukan foto Kak Gestra menempel di layar kompi warnet terrsebut, ternyata dia adalah salah satu personil dari Elliza Thornberry's, lalu kami menemukan sebuah kata yg sama dengan sebuah kata yg tertera pada layar laptop tadi, kata tersebut adalah "DISCLOSE". Kami langsung membukanya, dan didalamnya terdapat lirik lagu Elliza Thornberry's yg berjudul Disclose. Karena pada clue terdapat kata-kata POTONGAN KALIMAT TERAKHIR ADALAH KUNCINYA, maka kami melihat kalimat terakhir dari lirik lagu tersebut. Di sana tertempel kalimat "oh no Im very love u !", lalu kami mencatatnya dan kembali kembali menuju pos satpam Smanti untuk memberikan jawabannya. Tapi kami bingung, yg harus dimasukin kodenya itu menggunakan kata "you" atau tetap "u", lalu Kak Gestra bilang "di kolom kodenya cuma cukup 15 huruf". Dari sana kami menyimpulkan bahwa kami akan menggunakan kata "u" untuk kodenya. Setelah kami coba masukan, teneeet ! ternyata jawaban kami benar dan kami mendapatkan satu misi lagi yg harus diselesaikan. Di layar laptop tertera :


Bioskop+2 menuju ke arah merdeka warung jambu, angka detasemen khusus anti terror-6.

Karena kami sangat terburu-buru dan ceroboh, kami langsung berlari menuju jalan raya dan hampir naek angkot untuk menuju warung jambu. Sebelum kami naek angkot kami berpikir.

Saya : Eh, masa sih kita harus jauh-jauh ke warung jambu ?
Aziz : Iya, kan kata mas Dhani ga akan jauh-jauh banget perintahnya.
Fahru : Bener juga ya, coba baca cluenya lagi deh.
Aziz : Bioskop + 2 artinya apa ?
Ichsan : Bioskop kan 21, kalo +2 jadi 23 dong.
Aziz : Iya bener, kalo merdeka-warung jambu kan angkot 07.
Saya : Kalo anti terror kan Densus 88, angkanya 88 -6, jadi 82.
Dyara : Berarti jawaban kodenya 230782 dong ?
Semua : Oke !

Lalu kami langsung balik lagi ke Smanti untuk memberikan jawaban kami, sisa waktu kami tinggal 1 menit lagi, tanpa pikir panjang saya masukan kode tadi kedalam laptop, dan ternyata... Tereeng ! Muncul kata-kata seperti dibawah ini di layar laptop.


Selamat ! Anda telah menyelesaikan semua misi yg telah diberikan.

Silahkan ambil kartu ATM dibawah laptop ini.

Lalu mas Dhani mengambil kartu ATM dan selembar Struk yg berada di bawah laptop. Kami keluar dari pos satpam dan langsung loncat-loncat kayak orang gila, sujud-sujud ditanah dan segala macem gaya teman-teman saya. Setelah itu mas Dhani mengajak kami untuk menjauh dari kelompok-kelompok lain yg telah gagal. Dia mengeluarkan ATM dan Struk tadi, dan bilang gini :

Final Mission

Cari tulisan didalam struk ini yang artinya "BURUNG" dan jika sudah ketemu, ubah tulisan tersebut menjadi 4 digit angka, setelah itu berikan ke saya jawabannya, lalu kalian bisa mengambil uang senilai 8 juta menggunakan ATM ini. Waktunya 10 menit dimulai dari sekarang !

Kami langsung mencari jawabannya, tetapi kami tidak dapat menemukan tanda-tanda BURUNG didalam struk tersebut. Akhirnya waktunya keburu abis, dan kami gagal.

Sekian cerita dari saya, meskipun gagal, saya dan teman-teman saya tetap menerima dengan ikhlas karena kami sudah cukup senang karena bisa mengikuti acara seperti ini dan berhasil ke misi paling akhir dan bisa mengalahkan kecepatan kelompok lain. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam kata, kalimat, paragraf atau bahkan ceritanya yg salah. Beberapa bagian dari cerita diatas telah saya edit untuk menghibur para pembaca. Sekian posting yg sangat panjang kali ini, semoga dapat diambil manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PLEASE COMMENT HERE

What do you think about this post ? :)